Laman

Minggu, 26 September 2010

Object-Oriented Database

Object-oriented database merupakan salah satu jenis database dimana data direpresentasikan dalam bentuk object. Pendekatan ini sangat dipengaruhi oleh bahasa pemrograman object-oriented dan dapat dipahami sebagai usaha untuk menambah fungsionalitas DBMS pada lingkup bahasa pemrograman.

Object Data Model
Salah satu cara pemodelan object-oriented database yaitu menggunakan UML (Unified Modelling Language)UML telah menjadi standard sebuah industri untuk merepresentasikan design untuk object-oriented. Memodelkan aplikasi berbasis object-oriented merupakan hal yang kompleks, namun UMLmenyediakan kemampuan untuk menggambarkan relasi yang terjadi dalam sebuah sistem object-oriented. Konsep diagram class dalam UML merepresentasikan tipe dari objek dan relasi antar objek dimana sering digunakan untuk konsep pemodelan database.

Object
Objek merupakan kesatuan entitas (baik), baik yang berwujud nyata ataupun hanya satu sistem yang memodelkan dunia nyata. Setiap object diidentifikasi oleh object identifier(OID), dan juga memiliki statedan behavior. State terdiri dari nilai object properties. Properti dari sebuah object dapat berupa atribut atau relasi antar object. Sedangkan behavior dispesifikasikan oleh operasi atau method yang dapat dieksekusi oleh sebuah object melalui propertinya.

Object Identity
Hal yang paling penting dari properti sebuah object yaitu memiliki identity. Object Identifier (OID)biasanya tidak terlihat secara langsung dan tidak dapat diakses oleh database user. OIDdirepresentasikan dengan sebuah nama yang unik atau lebih. Berbeda dengan primary key pada relational database, OID bersifat independent dari nilai yang dihasilkan object state. OID yang digunakan pada object-oriented database digunakan untuk mengidentifikasi object dan mensupport hubungan antar object melalui nilai object properties.

Object State
Pada object-oriented database , nilai dari sebuah object terdiri dari nilai dari beberapa atribut dan relasi antar object. Nilai dari suatu atribut dapat bersifat kompleks,jadi sebuah atribut dapat dibentuk dari object lain atau menggunakan tipe data yang telah tersedia. Relasi merupakan hubungan antara dua object atau lebih. Object model hanya mendukung binary relationship, relasi antar dua object. Sedangkan untuk mengimplementasikan hubungan satu ke banyak atau banyak ke banyak dapat menggunakan set atau list.

Object Behavior
Object dalam object-oriented database dimanipulasi melalui methods. Method adalah prosedur atau fungsi yang dimiliki oleh sebuah object dimana sebuah method akan mengolah/mengubah data yang terdapat didalam object sesuai dengan operasi yang telah ditentukan.

Class
Class merupakan pemodelan dari sebuah object yang berisi informasi (aturan) tentang sifat karakteristik (data) dan behavior (method) yang dimiliki oleh object tersebut.

Object types
Object types dapat digunakan untuk membuat object tables. Dalam object tables, setiap instance darituples memiliki object identifier. Object types yang digunakan untuk membuat object tables dapat digunakan sebagai tipe atribut untuk menghubungan antara tabel. Oracle mensupport beberapa tipe data baru yaitu :
1. Varrays atau Nested Table
Dua tipe data baru yang memperbolehkan koleksi data menjadi tipe data dari sebuah atribut.
2. REFs (object references)
Digunakan untuk menyimpan logical pointer pada object.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar